Kamis, 12 Oktober 2017

Mengurangi Rasa Sakit saat Melahirkan

Mengurangi rasa sakit saat melahirkan,- Banyak wanita khawatir tentang detik-detik melahirkan. Seberapa sakitkah prosesnya? Bisakah saya menanganinya? Bayangan pertanyaan itu menggelayut di diri semua wanita yang tengah hamil. Kekhawatiran macam itu bisa diminimalisir dengan membekali diri mengenai bagaimana sesungguhnya proses persalinan yang baik.

Rasa sakit yang terlintas saat persalinan di sebabkan  oleh kontraksi otot dalam rahim dan membukanya mulut rahim. Ini akan menyebabkan rasa kram di perut, selangkangan, dan pinggang bagian bawah. Bahkan kadang menyebar pada pinggang dan paha. Bagi sebagian orang, gejala awal melahirkan terasa seperti kram saat menstruasi, bahkan lebih sakit lagi. Sensasi lain yang mungkin terasa sakit adalah pada kandung kemih, usus besar, dan perineum tempat kepala bayi lewat.

Dengan melahirkan secara normal, artinya Anda harus lebih mempersenjatai diri dengan teknik-teknik berikut. Dikutip dari HealtyWomen.org, tiga cara berikut ampuh mengatasi rasa sakit kala melahirkan. Selain efektif, ketiganya juga bisa menjadi alternatif dibanding metode pemberian obat macam epidural.

Lamaze
Ini adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mengelola rasa sakit saat melahirkan di Amerika Serikat. Metode ini kerap diajarkan di rumah sakit sebelum seseorang melahirkan. Kelas lamaze menekankan filosofi bahwa melahirkan secara normal itu adalah hal alami dan sehat. Dalam kelas lamaze juga diajarkan cara relaksasi, pelatihan fisik, melatih pernapasan, dan cara mengalihkan perhatian. Kesemuanya dapat mengurangi persepsi tentang sakitnya persalinan.

Bradley
Bradley merupakan metode yang direferensikan sebagai Husband-Coached Birth. Tujuannya untuk melibatkan para suami sebagai pendamping kelahiran. Metode ini menekankan relaksasi dan teknik pernapasan agar tubuh bisa mengatasi rasa sakit yang tengah dialami kala melahirkan. Cara ini juga mengajarkan metode lain supaya seseorang bisa menahan rasa sakit seperti hipnosis, yoga, meditasi, berjalan, dan pijat.

Hypnobirth
Ini adalah cara mengarahkan untuk menghilangkan rasa takut saat persalinan dan menciptakan lingkungan yang santai untuk diri sendiri dan pasangan. Teknik ini melibatkan teknik pernapasan, gambar panduan, visualisasi, menghitung, dan vokalisasi.

Wanita yang melahirkan dengan mempraktekan hypnobirth sering kali terlihat berlawanan dengan apa yang terlihat dalam film. Mereka berada dalam kondisi yang tenang, lebih kalem, dan nampak mengatasi semua rasa sakitnya dari dalam.Teknik ini cocok untuk wanita yang teratur meditasi tetapi dapat juga di lakukan semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar